Panduan Pemula, Cek Saldo dan Mutasi Rekening Maybank melalui Internet Banking

Pada panduan ini saya akan berbagi panduan dasar penggunaan internet banking yaitu cara cek saldo dan mutasi Rekening pada Bank Maybank. Mungkin ini panduan basi yang tidak ada artinya bagi yang sudah mahir mengenai internet banking. Tetapi untuk sekedar pengetahuan saja tidak ada salahnya saya berbagi ulang kepada semua pembaca disini.


Yuk kita mulai pembahasannya, seperti yang kita tahu internet banking itu lebih mudah dan praktis daripada harus mendatangi mesin atm, karena dengan menggunakan internet banking semua kebutuhan transaksi anda dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Apalagi hanya sekedar cek saldo saja, rasanya malas bukan jika anda harus pergi ke atm? lebih baik cek saja di internet banking.

Kecuali jika anda ingin setor uang maupun tarik uang, anda bisa mendatangi atm terdekat di kota anda, tapi daripada repot-repot seperti ini lebih baik anda cukup memberikan uang setoran anda ke teman anda kemudian mintalah teman anda untuk mentransfer sejumlah uang yang anda berikan padanya, itu sama saja bukan? hehe.

Saya mendapatkan ide ini karena teman saya juga pernah berlaku demikian pada saya sehingga saya harus mentransfer dana pada rekeningnya, saya anggap hitung-hitung juga ambil uang sehingga saya tidak perlu datang ke atm terdekat.

Saya sendiri tahu, mesin atm itu lebih ribet daripada internet banking.

Dibandingkan dengan internet banking, internet banking bisa melihat daftar nasabah lain yang pernah bertransaksi dengan kita, di mesin atm kita tidak bisa melihat itu, malah kita diharuskan mengetik ulang untuk nomor rekening tujuan.

Jika anda sendiri baru mendaftar internet banking terutama pada Bank Maybank, mungkin anda sendiri kebingungan bagaimana cara menggunakan Internet Banking pada Maybank? saya sendiri juga pernah bingung saat pertama kali menggunakan internet banking, sehingga saya bisa maklum.

Oleh karena itu saya akan berbagi pengalaman saya menggunakan internet banking maybank beserta tutorial cara menggunakannya.

Pendaftaran Internet Banking pada Rekening Bank

Sebagai tahap awal ingin menggunakan Internet Banking, Anda harus sudah memiliki user name dan dan sandi internet banking, bagaimana cara mendapatkannya?

Datangi Kantor Cabang Terdekat

Untuk mendapatkan akses ke internet banking, anda harus mendaftar internet banking terlebih dahulu melalui kantor cabang terdekat, karena nomor rekening anda tidak secara otomatis terdaftar ke internet banking, sms banking, maupun mobile banking kecuali anda mendaftar manual melalui Kantor Cabang Maybank.

Saya anggap disini anda sudah mendaftar dan mempunyai username password untuk login ke internet banking. Baik kita langsung ke topiknya.

Cara Cek Saldo dan Mutasi Rekening


  1. Buka Situs Resmi Internet banking Maybank di www.maybank.co.id kemudian pilih Login pada menu Customer Internet Banking.
  2. Masukkan User-ID anda kemudian pilih lanjut.
  3. Masukkan Password anda dan pilih Login.
  4. Sekarang anda sudah masuk ke halaman utama internet banking, untuk cek saldo rekening anda, pilih menu Rekening dan Transaksi.
  5. Jika anda ingin melihat rincian saldo dan mutasi di rekening anda silahkan klik nama rekening anda.
  6. Rincian Saldo anda akan ditampilkan disini, kemudian pilih Menu Transaksi Hari ini, Bulan ini atau Bulan sebelumnya untuk cek mutasi.
  7. Mutasi Rekening Anda akan ditampilkan disini.


Bagaimana? Mudah bukan? hehe.

Jika kalian diberi pilihan antara menggunakan internet banking atau mesin atm kalian lebih milih yang mana sob? kalian pasti memilih internet banking bukan? Saya sendiri pun juga begitu. Karena seperti yang kita tahu penggunaan internet banking itu lebih mudah dan praktis daripada harus keluar rumah hanya sekedar untuk melakukan transaksi, cek saldo maupun cek mutasi rekening.

Transaksi satu menitpun bisa selesai jika hanya menggunakan internet banking, asalkan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh karyawan bank ketika mendaftar internet banking. Ini hanya khusus untuk nasabah yang sering menggunakan internet banking.

Jika anda masih pertama kali menggunakan internet banking sebaiknya anda baca dulu tips yang aman menggunakan internet banking pada postingan 5 Tips Supaya Aman Menggunakan Internet Banking.

Agar anda nantinya tidak menemui masalah apapun yang terkait dengan rekening bank anda, karena seperti yang kita tahu sudah banyak beredar situs internet banking yang palsu atau situs yang menyerupai aslinya dengan tujuan yang tidak baik. Anda mungkin sudah tahu maksud saya diatas jadi saya tidak perlu membahasnya lebih dalam lagi.

Demikian semoga bermanfaat.

Comments