Cara Mudah Tracking Satelit Telkom 4 2019

Cara Mudah Tracking Satelit Telkom 4 - Berita yang lumayan ramai diperbincangkan hari-hari ini ialah telah terisinya sejumlah transponder pada satelit telkom 4 yang mana orbit ini dahulunya ditempati oleh satelit telkom 1.

Dengan adanya transponder aktif di satelit telkom 4 maka bakal menambah susunan channel pada drainase receiver yang anda miliki, dan untuk para tuser/tracker bakal menjadi lahan bisnis baru lagi untuk semua pelanggannya.

Bagi kamu yang masih pemula, barangkali bertanya-tanya bagaimana teknik lock satelit telkom 4. Dan sebetulnya bila sampai ketika ini kamu masih mempunyai antena parabola memakai 2 lnb yang dulunya memposisikan pada satelit palapa d dan telkom 1 dan belum diubah-ubah maka sebenarnya kamu bisa langsung scan ulang pada satelit telkom 1 tersebut, dan semestinya channel-channel didalamnya akan dapat langsung terlock.

Namun demikian untuk ketika ini sepertinya urusan itu belum dapat dilakukan atau tidak dapat terlock dengan sempurna, ini disebabkan sinyal dari frekuensi telkom 4 lumayan lemah/kecil sampai-sampai memungkinkan guna menggabungkan satelit palapa d dan telkom 4.

Kami baru saja mengupayakan melock satelit telkom 4, dan bisa melock di antara saluran yang aktif yakni channel Trans 7 dengan nama drainase Telkom.2. Itupun sinyal yang didapat 37-39% saja tetapi tayangan tetap aman guna diterima.

Baiklah, bagi kamu ingin mengupayakan tracking satelit telkom 4 yang perlu kamu perhatikan ketika ini ialah pastikan pemasangan LNB C Band nya konsentrasi terhadap antena parabola.

Sementara tersebut posisi antena parabolanya menghadap kebarat pada 108 derajat bujur timur, terlihat laksana gambar inilah ini :
Cara Tracking Dan Lock Satelit Telkom 4
Source : Satelitmania

Selanjutnya untuk mempermudah trackingnya, silahkan lock terlebih dahulu frekuensi dari provider Skynindo (3560 V 30000). Perlu diketahui provider skynindo ini berada pada satelit chinasat 10 di orbit 110 derajat bujur timur dan hanya berjarak 2 derajat dengan satelit telkom 4.

Silahkan tracking laksana biasa turunkan antena ke arah barat dan lihat bar sinyal pada layar televisi. Bila belum ditemukan pun pastikan kemiringan antena atau kecondongan utara-selatannya dimain-mainkan (naik-turunkan) seraya tetap memonitor pergerakan bar sinyal.


                                                                                            Source : Satelitmania

Diwilayah kami antena parabola bakal terlihat laksana gambar diatas dimana condong tidak banyak kearah selatan.

Bila terlock, pastikn sinyalnya yang diterima sangat maksimal. Lalu silahkan scan terlebih dahulu frekuensi tersebut. Jangan tak sempat kencangkan terlebih dahulu baut tiang utama dan pun di tiang pengampu kemiringan antena.

Selanjutnya merupakan, silahkan masukan frekuensi terkuat telkom 4 yakni 3888 H 7999 (frekuensi data). Lalu anda langsung tracking frekuensi itu dengan menurunkan antena parabola ke barat secara perlahan-lahan tidak lebih dari 3 cm dan lihat pergerakan bar sinyal.

Sampai disini semestinya sinyal bakal ditemukan silahkan kecangkan baut-baut penyangganya. Perlu diketahui channel dari frekuensi diatas tidak bakal terlock bila di scan sebab frekuensi tersebut ialah transpoder data. Untuk tersebut silahkan kamu blind scan/ scan buta saja untuk memahami channel-channel apa saja yang bakal terlock.

Nah, pemasangan lnb yang terdapat memungkinkan bisa melock satelit telkom 4 dan chinnasat 10 dalam satu lnb, laksana terlihat inilah ini kami pun berhasil melock dua satelit itu dengan memakai satu lnb c band :

Dibawah ini channel Trans 7 dari unsur provider skynindo pada satelit chinnasat 10.
Source : Satelitmania

Dan dibawah ini channel Trans 7 di Satelit Telkom 4.

Source : Satelitmania

Demikian Cara Mudah Tracking Satelit Telkom 4 2019 Semoga bermanfaaat.